MA'HAD ISLAM TERPADU AL- KHAIRIYYAH, SEKOLAH DAN PONDOK PESANTREN.....................DENGAN MOTTO: BERILMU AMALIYAH - BERAMAL ILMIYAH - MENJAGA UKHUWWAH ...........................YAYASAN MIT ALKHAIRIYYAH KARAWANG MENERIMA SEGALA BENTUK DONASI YANG HALAL DAN TIDAK MENGIKAT; MELALUI BANK JABAR . No. Rekening : 0014732411100 atas nama : Pondok Pesantren Al-Khairiyyah Karawang...........................Facebook: khaeruddin khasbullah.....

SEPUTAR AL-KHAIRIYYAH (facebook:: https://www.facebook.com/khaeruddin.khasbullah)

Minggu, 21 Januari 2018

BACALAH AL-QUR'AN DENGAN BERTAJWID (TARTIL)

BACALAH AL-QUR'AN DENGAN BERTAJWID (TARTIL)
Oleh: H. Khaeruddin Khasbullah.



Sesuai dengan firman Allah SWT:
   
وَرَتِّلْ الْقُرْآن تَرْتِيلًا. المزمل 4
 
 "Dan bacalah Al- Qur'an dengan Tartil"

MAKNA TARTIL

Menurut S. Ali.Kw, Tartil itu artinya "membaguskan huruf dan mengetahui dimana boleh waqof atau Ibtida' ".

Imam Al- Jazary menyatakan:

وَهُوَ إِعْطَاءُ الْحُرُوفِ حَقَّهَا ... مِنْ صِفَةٍ لَهَا وَمُستَحَقَّهَا
وَرَدُّ كُلِّ وَاحِدٍ لأَصْلِــــهِ ... وَاللَّفْظُ فِي نَظِيْرِهِ كَمِثْلــــــــــهِ
مُكَمِّلاً مِنْ غَيْرِ مَا تَكَلُّفِ ... بِاللُّطْفِ فِي النُّطْقِ بِلاَ تَعَسُّفِ
وَلَيْسَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ تَرْكِهِ ... إلا رياضة امرئ بفكــــــــه. اهـ.
(المقدمة الجزارية)

Tajwid itu mengandung arti: Mengucapkan huruf dengan memenuhi hak- haknya
Dari segala sifat dan karakternya serta segala ketentuannya
Dan mengembalikan setiap huruf pada ashli makhrojnya
Dan mengucapkan Lafadh secara seimbang dan setara
Secara sempurna tanpa dipaksa- paksa
Dengan lembut ketika mengucapkan tanpa berlebihan
Dan tiadalah yang membedakan antara yang bertajwid atau tidak
Kecuali berdasar latihan seseorang dengan mulutnya
(Mukaddimah Ibnul jazary- bait ke 30-31- 32- 33 )

Al- Hafidz Imam Abu Amr Ad- Dhany menjelaskan:

قال الحافظ أبو عمرو الداني رَحِمَهُ اللهُ: "فليسَ التجويدُ بتمضيغ اللِّسَان، ولا بتقعيرِ الفَمِ، ولا بتعويج الفكِّ، ولا بترعيد الصوتِ، ولا بتمطيط المشدد، ولا بتقطيع المَدِّ، ولا بتطنين الغُنَّات، ولا بحصرَمة الرَّاءات، قِراءةً تنفر منها الطِّباعُ، وتَمُجُّها القلوبُ والأسماعُ؛ بل القراءة السهلةُ، العذبةُ، الحلوة اللطيفة، التي لا مَضْغَ فيها ولا لَوكَ، ولا تعَسُّفَ ولا تكلُّف، ولا تصنُّعَ ولا تنطُّعَ، ولا تخرج عن طباعِ العرب وكلامِ الفصحاء، بوجْهٍ من وجوه القراءاتِ والأداء".

Al- Hafidz Syekh Abu Amr Ad- Dany menjelaskan: "Maka bertajwid itu bukan berarti dengan membaca seperti bergumam, atau dengan merubah- rubah bentuk mulut, atau dengan cara membelokkan rahang bawah, atau dengan merintih- rintihkan suara, atau dengan melebih- lebihkan Tasydid, atau dengan memotong- motong Mad, atau dengan memanjang- manjangkan Ghunnah (lebih 1,5 alif), atau dengan men- cadel- cadelkan Ro' (mendekati suara Tho' atau Ghoin). bacaan yang lari dari tabiat nya orang Arab, yang dapat menggelisahkan hati dan pendengaran.
Namun (bacaan bertajwid itu) adalah bacaan yang simple, mudah, manis didengar dan lembut, yang tak tercampur suara menggumam atau seperti orang mengunyah (gerakan berlebihan), tidak dilebihkan dan tidak dipaksakan, tidak di buat- buat tidak menfasih- fasihkan (secara berlebihan), dan tidak keluar dari tabi'at cara bicaranya orang Arab dan kalam para Fusoha', denagn suatu bacaan dari sekian bacaan Qira'at (mutawatir) yang diamalkan.

STANDAR BACAAN

Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan:

صفة القراءة
أشار النبي
بقوله: مَنْ أَحَبَّ أَنْ يَقْرَأَ القُرْءان غَضًّا كَمَا أُنْزِلَ فَلْيَقْرَأْهُ عَلَى قِرَاءةِ ابن أُمِّ عَبْدٍ" ابن ماجه/ 135 ، يعني عبد الله بن مسعود(2) .
غَضُّ : الطَّرِيُّ الذي لم يَتَغَّيْر أرادَ طَرِيقَه في القراءة أي من غير تحريف وتغيير من زيادة ونقصان

“Barang siapa ingin membaca Al- Qur’an dengan Qira’at yang standar sebagaimana ia telah diturunkan, maka hendaklah ia membaca sesuai dengan Qira’ah Ibnu Ummi Abd, Yakni Abdullah bin Mas’ud”. HR. Ibnu Majah.

Kalimat “Ghodh”, artinya lembut, lunak ( الطري) standar, yang tidak berubah cara bacanya (sesuai bacaan ketika diajarkan nabi), artinya: yang tidak menyimpang, dan tidak merubah baik dengan cara menambah atau mengurangi.
اللوك = اللقمة مضغها ككلام السكران
النطع = المتشدقون في كلامهم
التحريف = انحراف الشيء عن وجهه
التحذيرُ من التعَسُّف في القراءة منتدى القرآن الكريم وعلومه
ahlalhdeeth.com